Teks Deskripsi


        Transportasi umum atau transportasi publik adalah seluruh alat transportasi saat penumpang tidak bepergian menggunakan kendaraannya sendiri. Transportasi umum pada umumnya termasuk kereta dan bis, namun juga termasuk pelayanan maskapai penerbangan,feri, taksi, dan lain-lain.
Mode transportasi
Transportasi udara
Sebuah maskapai penerbangan menyediakan jadwal layanan dengan pesawat antara bandara. Maskapai Bush bekerja lebih mirip halte bus, pesawat menunggu penumpang dan lepas landas ketika pesawat sudah penuh.
Transportasi darat
Bus
Layanan bus menggunakan bus di jalan konvensional untuk membawa penumpang banyak di perjalanan lebih pendek. Bus beroperasi dengan kapasitas rendah (yaitu dibandingkan dengan trem atau kereta), dan dapat beroperasi di jalan-jalan konvensional, dengan bus yang relatif murah berhenti untuk melayani penumpang. Oleh karena itu bus yang umum digunakan di kota-kota kecil dan kota-kota, di daerah pedesaan juga dilengkapi layanan shuttle untuk menuju kota-kota besar.

Sepeda Motor Dan ojek online
Di Indonesia, angkutan bermoda sepeda motor lebih dikenal sebagai ojek. Ojek (atau ojeg) adalah transportasi umum informal yang dapat di pesan secara online di Indonesia yang berupa sepeda motor atau sepeda, namun lebih lazim berupa sepeda motor. Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa berdua. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan sopirnya dahulu setelah itu sang sopir akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya.

Taksi online
Taksi adalah jenis kendaraan untuk disewa dengan sopir, yang digunakan oleh seorang penumpang tunggal atau sekelompok kecil penumpang. Sebuah taksi mengantarkan penumpang ke lokasi pilihan mereka. Dalam mode angkutan umum, lokasi pick-up dan drop-off ditentukan oleh penyedia layanan, bukan oleh penumpang, meskipun permintaan transportasi responsif dan saham taksi memberikan modus bus/taksi hibrida. taksi di negara ini berkembang secara cepat baik layanan online maupun offline, di indonesia banyak juga menggunakan jasa penyewaan taksi online yang dapat di pesan dalam waktu kapanpun


Transportasi air
Kapal Feri
Feri adalah perahu atau kapal, digunakan untuk membawa (atau menyeberangkan) penumpang, dan terkadang kendaraan mereka, melewati perairan. Sebuah penumpang feri dengan berhenti banyak kadang disebut bus air. Feri membentuk bagian dari sistem transportasi umum di wilayah pesisir pulau-pulau, memungkinkan perjalanan langsung antara satu titik dengan biaya modal jauh lebih rendah dibandingkan membangun jembatan atau terowongan, meskipun pada kecepatan yang lebih rendah. Kapal penghubung jarak jauh berskala besar (jarak jauh seperti di perairan Laut Mediterania) juga dapat disebut kapal ferry.

Komentar