Teks LHO

LAPORAN HASIL OBSERVASI
Transportasi




      Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bagi masyarakat di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi sebagai alat transportasi. Penduduk di sana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka. Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu transportasi darat, laut dan udara. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara juga merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi yang lain.
      Seperti yang dikatakan di atas, dalam transportasi jalurnya dapat dibedakan menjadi jalur darat, udara dan air. Dalam jalur darat ada kendaraan yang tidak bermesin atau digerakkan dengan tenaga manusia dan ada juga kendaraan yang bermesin. Sedangkan jalur laut ada kapal yang bermesin serta kapal yang di dayung seperti perahu.  Adapun kendaraan yang melintasi jalur udara misalnya seperti pesawat terbang dan helikopter.
      Transportasi darat ada yang memakai mesin dan ada pula yang tidak memakai mesin. Yang tidak memakai mesin cenderung lebih ramah lingkungan karena transportasi tersebut tidak menggunakan bahan bakar yang dapat mencemarkan lingkungan. Contoh transportasi yang menggunakan mesin yaitu mobil, motor, bus, kereta dan lain sebagainya. Sedangkan contoh transportasi yang tidak menggunakan mesin adalah sepeda, becak, dan lain-lain.
 

   Kendaraan bermesin bisa dibagi menjadi 4 bagian. Pengklasifikasian ini dapat dilakukan berdasarkan jumlah roda yang ada pada kendaraan bermesin. Kendaraan bermesin ada yang memiliki roda dengan jumlah 6 buah, 4 buah, 3 buah dan ada juga yang memiliki roda yang berjumlah 2 buah roda.  Kendaraan bermesin yang memiliki 6 roda biasanya merupakan truk atau mobil besar lainnya. Kendaraan bermesin yang memiliki 4 roda biasanya sering di temui pada mobil, bus, taksi dan lain-lain. Kendaraan bermesin yang memiliki 3 roda dapat berupa bemo, bajaj, atau becak yang bermotor. Sedangkan kendaraan bermesin yang memiliki 2 roda adalah sepeda motor.
     
Sepeda motor merupakan suatu kendaraan yang biasa kita pakai sehari-hari. Harganya yang relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil, menyebabkan banyak sekali masyarakat yang memakai kendaraan bermotor ini. Sepeda motor dibagi menjadi 3 yaitu sepeda motor menggunakan kopling, manual dan matic. Sepeda motor yang paling praktis yaitu matic, karena kita hanya perlu menarik gas. Bila manual dan kopling, agak sedikit lebih sulit, karena kita harus dapat mengatur gigi/kopling dengan benar. Bila salah maka akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.       

      Meskipun terlihat sulit dalam memakainya, sepeda motor yang menggunakan kopling terus dibanjiri oleh peminatnya. Banyak peminat menyebabkan berbagai perusahaan sepeda motor terus mengeluarkan seri sepeda motor kopling terbarunya. Beberapa contoh diantaranya adalah motor besar Harley Davidson, Kawasaki Ninja dan Satria F. Motor-motor tersebut memiliki banyak pengemar sehingga motor-motor itu terus mengeluarkan seri terbarunya. Walaupun harganya yang cukup melangit, namun para penggemar motor tetap mau membelinya. Misalnya saja motor Ninja. Walaupun harganya selangit, tetapi Ninja tetap bertahan menjadi motor favorit dengan beberapa tipe seperti tipe ZX-6R, ZX-7, ZX-9, ZX-10.



Komentar